Pertemuan 7 Pemrograman Permainan Universitas Budi Luhur Tutorial membuat Prefab, GameObject Child, Rigidbody, dan Physics Material pada UNITY 3D
Assalamualaikum teman-teman !
Salam Budi Luhur ✋
Saya disini akan memberikan Tutorial membuat Prefab menggunakan Unity 3D
Check It Out..
.............................................................................................
Pertama kita harus membuat suatu Prefab terlebih dahulu, dengan cara klik menu GameObjects -> 3D Object -> Sphere(optional). Disini saya menggunakan object Sphere
Kemudian berilah warna dengan cara klik kanan pada asset -> create -> material. Setelah itu, klik material tersebut lalu klik pada lingkaran merah tersebut kemudian pilih warna sesuai kalian.
Setelah warna pada sphereterubah klik object spheretersebut lalu tambahkan rigidbody dengan cara klik menu Component -> Physics -> Rigidbody.
Kemudian tambahkan juga Physic Material dengan cara klik Assets -> Create -> Physics Material dan beri nama “Bounce”. Lalu ganti parameter Bounciness menjadi 0.9 untuk menambahkan efek memantul.
Drag&drop Physic Material tersebut ke dalam object Sphere.
Setelah selesai, saat nya kita membuat prefab dengan cara drag&drop object Sphere dari tab Hierarchy ke panel Assets.
Jika Prefab sudah dibuat, kita dapat menghapus GameObject Cylinder dari tab Hierarchy, karena yang akan kita gunakan adalah Prefab yang sekarang sudah ada di Assets.
Kemudian buatlah scripts C# Dengan cara klik kanan asset -> create -> C# script lalu beri nama. Ubahlah scripts tadi menjadi seperti ini.
Pembahasan Code:
Line 7: TempatJatuh merupakan koordinat GameObject ‘muncul’.
Line 8 s/d 9: Deklarasi Variable
Line 14: Mendeteksi penekanan keyboard saat ditekan dengan tombol “Space”.
Line 16: Paramenter karakter lansung dengan kutip ganda.
Line 18 s/d 19: Perintah untuk menduplikasi objek Cylinder di posisi yang ditentukan (position+rotation).
Line 20: Perintah untuk menghancurkan GameObject 5 detik setelah diciptakan.
Line 29 s/d 35: Menampilkan hasil input parameter.
Kemudian buatlah object plane dengan cara klik menu GameObjects -> 3D Object -> Plane. Lalu beri nama “Lantai1”.
Sekarang kita akan membuat GameObject Child dengan cara Klik Lantai1 pada tab Hierarchy kemudian klik menu GameObject -> Create Empty Child beri nama “Titik Jatuh”. Atur posisi GameObjectChild tadi menggunakan gizmo atau panel Transform sehingga sedikit di atas Lantai1.
Kemudian posisikan kamera agar terlihat seperti ini pada game scene.
Drag&drop script yang kita buat tadi kedalam Lantai1. lalu pastikan parameter “TempatJatuh” dan parameter “Object” diisi. Parameter “TempatJatuh” diisi dengan GameObject “TitikJatuh”, sedangkan parameter “Object” diisi dengan prefab “Sphere”.
Terakhir Tekan Tombol Play..
tadaa .. Gimana teman teman apakah sudah berhasil? Jika belum berhasil coba kalian periksa lagi pada scripts yang kalian buat hingga berhasil. Sekian Tutorial kita kali ini, apabila ada kata ataupun tahap yang belum jelas bisa ditanyakan di kolom komentar yaa… Terimakasih… Wasalammualaikum.. SALAM BUDI LUHUR!
Semoga bermanfaat yaa.
----------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------Nama : Aif Ramadan
NIM : 1811500550
Program Permainan - AC
Dosen Pengampuh : Dolly Virgian Shaka Yudha Sakti, S.Kom., M.Kom
Komentar
Posting Komentar