Pertemuan 8 Tutorial membuat game dengan Translate dan Raycast

Assalamualaikum teman-teman !


Salam Budi Luhur ✋

Saya disini akan memberikan Tutorial membuat game dengan Translate dan Raycast


Check It Out..

.............................................................................................


kali ini kita akan membuat game dengan Translate dan Raycast dengan Unity 3D. Sebelumnya mari kita bahas sedikit tentang apa itu Translate dan Raycast. Translate adalah sebuah fungsi untuk membuat sebuah objek bergerak secara relatif terhadap posisinya sendiri dan bukan pada posisi dunia. Contohnya jika tombol panah maju ditekan maka objek akan mau ke depannya dan bukan ke arah depan pandangan pengguna. Sedangkan, Raycast merupakan fungsi untuk melakukan penembakan ke arah yang dituju oleh kursor mouse dan menghasilkan koordinat Vector 3D. Baik sekarang mari kita langsung masuk saja ke tutorialnya…


Pertama buatlah sebuah object Plane pada Game Object, lalu buatlah menjadi seperti pada contoh dibawah. (berilah warna dengan create material)


Kemudian buatlah object lainnya seperti Sphere (di Object sphere jangan lupa juga add component Rigidbody), Box, dll seperti pada contoh dibawah.



Kemudian atur juga main camera agar menjadi seperti ini gambar dibawah ini, disini main camera dijadikan sub pada object Sphere.



Setelah itu tambahkan beberapa rintangan jika mau (option), disini saya menggunakan object Cylinder sebagai rintangannya.





Setelah semua object sudah diimport, sekarang ketiklah source code dibawah ini, lalu drag and drop pada object Sphere.



pembahasan code:

Line 13: Inisialisasi Component Rigidbody. Script ini harus dipasang di sebuah GameObject yang memiliki Component Rigidbody.

Line 14: Inisialisasi variabel distGround yang isinya diambil dari Component Sphere Collider, khususnya nilai y.

Line 19: 
 Sebuah Raycast yang ditembakkan ke arah bawah untuk mendeteksi objek di bawahnya. 

Line 24: Untuk membuat object bergerak maju otomatis.

Line 26 s/d 33: Untuk membuat object bergerak ke kanan dan ke kiri apabila ditekan key right arrow dan left arrow.

Line 35 s/d38: Membuat object bergerak lompat saat ditekan key space.


Kemudian buat scripts baru lalu ketik lagi source code berikut, kemudian drag and drop kedalam object Box.


pembahasan code:

Line 7: Deklarasi variabel Ray yang akan menghasilkan Vector awal.

Line 8: Deklarasi variabel RaycastHit yang akan menghasilkan vector akhir (titik perpotongan Ray terhadap sebuah objek).

Line 15: Sebagai titik akhir object dan posisi MainCamera sebagai titik awal. Fungsi ScreenPointToRay akan menghasilkan vector awal Ray.

Line 16: Perintah untuk menembakkan sebuah Ray sepanjang 300 pixel ke depan dan menyimpan hasilnya di myRaycasthit yang berisi vector akhir.

Line 17: Perintah untuk membuat sebuah objek melihat ke objek lain.

Line 19:  Perintah untuk memeriksa jarak 2 titik apakah titik awal sudah sama dengan titik akhir. Karena bilangan float adalah bilangan pecahan, maka posisi transform terkadang tidak benar-benar tepat, maka perlu diberikan toleransi, dalam hal ini diberi toleransi 0.7f, sehingga object tidak harus benar-benar tepat di posisi tujuan untuk bisa berhenti bergerak.

Line 21: 
 Merupakan satu perintah, fungsi MoveTowards merupakan fungsi untuk pergerakan sebuah GameObject dari satu titik ke titik lain dengan kecepatan tertentu.

Line 25: Merupakan satu perintah untuk menggambar sebuah Ray.



Kemudian pada object Box isi Target dengan Object sphere.



Apabila sudah cobalah play game nya dengan memencet tombol play, jika berhasil maka object Box tadi akan mengikuti object Sphere.



Gimana teman teman apakah sudah berhasil? Jika belum berhasil coba kalian periksa lagi pada scripts yang kalian buat hingga berhasil. Sekian Tutorial kita kali ini, apabila ada kata ataupun tahap yang belum jelas bisa ditanyakan di kolom komentar yaa… Terimakasih… Wasalammualaikum.. SALAM BUDI LUHUR!


----------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------Nama
    : Aif Ramadan
NIM      : 1811500550
Program Permainan - AC
Dosen Pengampuh : Dolly Virgian Shaka Yudha Sakti, S.Kom., M.Kom



Komentar